Sunday, February 8, 2015

KOMUNIKASI

Komunikasi adalah salah satu unsur yang sangat penting yang sangat diperlukan dalam mendukung kehidupan manusia. komunikasi dapat diterjemahkan menjadi proses hubungan timbal balik antara seseorang dengan orang lain secara langsung ataupun tidak langsung sehingga orang kesatu sebagai subjek dan orang lain sebagai objek saling mengerti maksud dan tujuannya.

Didalam penerbangan system komunikasi dalam bentuk suara (voice) ataupun data sangat diperlukan, yang merupakan upaya untuk menuntun bagi seorang pengawas lalu lintas udara (air traffic controller) yang berada dimenara pengawas bandar udara terhadap seorang penerbang yang akan atau sedang melakukan proses penerbangan, dari sejak dia take off, terbang, hingga mendaratkan (landing) sampai dilandasan pacu (run way) hingga selamat bagi seluruh penumpang, crew dan pesawat terbangnya.

Didalam dunia penerbangan terdapat 2 sarana pokok (fasilitas) pendukung komunikasi yaitu:
  1. Komunikasi internal yaitu suatu bentuk komunikasi yang hanya terjadi didalam pesawat saja (internal crew of air craft)
  2. Komunikasi eksternal atau telekomunikasi yaitu suatu bentuk komunikasi secara jarak jauh dengan bantuan komunikasi radio yang bisa terjadi antara crew pesawat terbang dengan orang lain yang terkait yang berada diluar, misal dengan menara pengawas oleh pemandu penerbangan pesawat terbang (air traffic controller).
Peralatan telekomunikasi pada pesawat udara pada umumnya menggunakan 3 band frekuensi yaitu :
  1. HF Band (High Frequency Band) Digunakan untuk komunikasi antara pesawat terbang (air craft) dengan ground station pada jarak jauh, contoh HF ISB (HF Independence Side Band), HF SSB (HF Single Side Band).
  2. VHF Band (Very High Frequency Band) Digunakan untuk komunikasi antara pesawat terbang (air craft) dengan ground station pada jarak yang relatif dekat, contoh VHF ADC (Aero Drome Control), VHF APP (Approach Control), VHF ACC (Area Control Centre).
  3. UHF Band (Ultra High Frequency Band) Digunakan untuk komunikasi jarak yang relatif lebih dekat dari pada di VHF Band.
Fasilitas navigasi udara untuk proses penerbangan dibagi menjadi kelompok sebagai berikut:
1. Pemancar (Transmitter/ TX) Non Dirrectional Beacon (NDB).
2. Pemancar Instrument Landing System ( TX ILS)
3. Pemancar Doppler VHF Omni Dirrectional Radio Range (DVOR)
4. Pemancar Distance Measuring Equipment (DME)
5. Pemancar Radio Detection and Ranging (RADAR)
6. Tactical air Navigation (Tacan)

Fasilitas penting pendukung monitoring panel aircraf untuk penerbang yang dikenal sebagai avionic instrument yang terletak di

a. front control panel (baguan depan cocpit pesawat terbang)
b. Over head control panel (baguan atas dari cocpit pesawat terbang)
c. left side / right (bagian samping kiri kanan)

Dasar pengantar umum radio comunication and navigation and airborn basic meliputi :
1. Teori dasar spektrum frekuensi
2. teori dasar propagasi
3. teori modulasi
4. Teori antena






No comments:

Post a Comment